Tips Ruang Terbatas Rumah Mungil

Sponsored Links

Solusi Ruang Terbatas Rumah Mungil

Rumah mungil yang memiliki kondisi keterbatasan ruangn sangat rentan menghadapi kekurangan jumlah ruang yang tersedia atau luasan setiap ruangan terlihat lebih kecil dari pada luasan minimum dari sebuah ruangan. Tata ruang rumah mungil tentu harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga melihat luasan dari sebauh rumah mungil tersebut. Jika luasan ruangn ditentukan dari setiap gaya hidup, hobi dan juga kebiasaaan sehingga lebih bersifat fleksible. Tapi ada beberapa hal yang harus menadi perhatian, beberapa luasan yang digunakan untuk luasan untuk rumah mungil dimana diperuntukan bai keluarga yang memiliki angota 4 orang yang terdiari atas dua orang tua dan dua anak.

  • Ruang duduk 9 m2

Yang terdiri dari luas 3×3 m

  • Ruang makan 4.55 m2

Yang terdiri atas 1.75 x 2.50 m

  • Ruang tidur utama 9.3 m2

Yang terdiri atas 3 x 3.1 m

  • Dua kamar tidur anak yang masing masing berukuran 6 m2

Ukuran 3 x 2 m

  • Dapur dengan ukuran 4 m2

Yang terdiri atas 2 x 2 m

  • Kamar mandi/ WC 2.52 m2

Yang terdiri atas 1.4 x 1.8 m

  • Ruang cuci 3 m

Yang terdiri atas 1.5 x 2 m

  • Ruang setrika 3 m

Yang terdiri atas 1.5 x 2 m

Masing masing dari ukuran ini adalah luasan minimalis yang digunakan untuk menajdikan rumah terkesan lebar dan nyaman.

Bagaimana jika ruangan pada desain rumah mungil minimalis kurang dari luasan di atas?

Maka yang akan terjadi adalah penentuan skala prioritas, mankah yang hars didahulukan dan ditentukan ruangan ruangan yang dibuat. Jika pada rumah anda terdapat ruang baca, sedangkan anda memiliki anak yang belum memiliki kamar, maka ruang baca bisa dialih fungsikan menjadi kamar bagi anak anda. pertimbangan berbagai fungsi dari setiap ruangn perlu dilakukan karena dengan hal inilah, anda bisa menjadikan rumah idaman anda semakin nyaman walaupun disebut dengan rumah mungil. Penggunaan fungsi digabung atau dilebur menjadi satu ruangan atau dihilangkan karena jarang digunkan bisa menjadi pertimbangan. Tapi anda perlu bertanya pada setiap anggota keluarga karena mungkin saja ruangan yang tidak digunakan oleh anda, dipergunakan oleh anggota keluarga yang lain. Jadi sebelum anda melakukan alih fungsi ruangan, sebaiknya anda melakuan musyawarah kecil dengan mengumpulkan anggota keluarga yang mungkin saja keberatan dengan keputusan anda.

Tata Ruang Rumah Minimalis Tipe 36
Tata Ruang Rumah Minimalis Tipe 36

Tips untuk menjadikan desain rumah mungil minimalis 1 lantai semakin nyaman

Teknik menggabungkan ruangan

Dengan menjadikan beberapa fungsi yang sama atau hampir sama pada setiap ruangan, diharapkan anda bisa menjadikan satu ruagan yang bisa secara otomatis memecahan masalah ruangan anda, misal antara dapur dan ruang makan bisa dilebur menjadi satu karena keduanya masih memiliki keterikatan dan malah menjadikan keuntungan bagi ibu yang memasak untuk langsung disiapkan di meja makan secara hangat, ruangn keluarga yang bisa dijadikan satu dengan ruang makan, ruangn tidur anak dengan ruang belajar. Untuk anak anak yang masih belum baligh atau dewasa dan sama gendernya bisa di tempatkan pada satu kamar.

Bagi mereka yang masih jadi pengantin baru dan belum punya anak, menjadikan rumah menjadi sebuah desain ala studio besar bisa anda lakukan. Hal ini akan memberikan kesan lebar didalam rumah. karena kamar bagi anak belum terpikirkan, maka anda bisa menjadikan satu ruangan antara tempat tidur dengan ruangan yang lain yang ada dibelakang yaitu ruang duduk. Untuk ruangan ruangn yang kecil, bisa anda jadikan kantor untuk anda bekerja dirumah. Atai menjadi ruangan untuk menyalurkan hobby anda seperti menjadi ruang baca keluarga.

Menjadikan Ruangan Bergantian

Menjadikan ruangan bergantian bisa menjadi solusi jitu bagi anda yang bingung dengan keterbatasan lahan yang ada. Dengan teknik ini, anda bisa menyulap ruangan keluarga menjadi satu tempat tidur yang jumbo didalam rumah. biasanya anda akan membuuthkan hal ini jika keluarga dan sanak family datang dan menginap dirumah anda. adapaun syarat yang hars bisa dilakukan adalah menggunakan meuble yang bisa dilipat atau tersembunyi dengan baik. Lemari atau rak slide akan cocok ditemaptkan pada ruangan yang bisa bergantian seperti ini. Anda juga bisa menggunakan konsep ini pada ruang kerja anda. Di siang hari anda bisa menggunakan sebagai ruangan kerja, tapi dimalam hari bisa diubah menjadi tempat tidur.

Kesimpulan untuk desain tata ruang rumah mungil 1 lantai, anda harus bisa menggunakan ruangn dengan luasan minimal, jika luasan minimal masih kurang. Maka anda masih menggunakan konsep ruangan digabung atau ruangan dibaut bergantian. Anda bisa memilih sesuai dengan kesukaan anda, apakah yang cocok dengan desain tata ruang rumah mungil anda.