Tips Masang dan Memilih Motif Wallpaper Dinding dengan Tepat

Sponsored Links

Tips Masang dan Memilih Motif Wallpaper Dinding dengan Tepat

Motif wallpaper dinding yang beragam seakan akan memberikan keleluasaan bagi pemilik rumah untuk memilih corak motif yang diinginkan. Mulai dari motif garis, sulur sulur, bunga hingga motif yang disukai anak anak. Semua ada dan tersedia bagi anda yang ingin menambahkan desain wallpaper pada dinding rumah anda. Warna dinding yang terkesan itu itu saja bisa disulap bim salabim menjadi interior ruang yang lebih bercahaya, energik, dan berwarna. Hal itu dapat dihadirkan dengan menambahkan wallpaper dinding pada desain interior rumah.

Sebelum membeli wallpaper dan memasang didinding. Hendaknya anda melakukan pemilihan warna yang cocok, pemilihan ini bisa didasarkan pada warna furniture yang ada didalam ruangan, atau warna yang dipilih sesuai dengan kehendak atau selera. Kelebihan dari warna yang dipilih berdasarkan warna furniture dalam ruangan adalah ruangan akan nampak padu dan kelihatan seperti berkonsep yang matang. Indah dan menawan tentu akan terlihat pada interior ruangan milik anda.

Jika anda salah dalam memilih warna dan konsep, alih alih ruangan menjadi indah nan menawan. Yang terjadi adalah ruangan akan menjadi hancur dan terlihat amburadul tidak karuan, dilihat dari segi perpaduan warna dalam ruangan.

Tips Memilih Motif Wallpaper Dinding Indah, Tepat dan Menawan

Memilih motif wallpaper yang tepat akan menghadirkan kenyamanan pada mata yang melihat, perpaduan elemen elemen didalam ruang interior akan semakin sip, beberapa tips terkait pemilihan motif wallpaper dinding :

  1. Jika rumah anda memiliki bentuk dinding yang rendah maka saran dari kamu, silahan memilih wallpaper yang bisa menghadirkan kesan lebih tinggi, beberapa motif seperti motif garis yang mengarah ke atas sangat cocok untuk dinding seperti ini. Warna gelap akan sangat padu dengan warna plafon didalam ruangan. Pemilihan warna terang perlu dihindari, alasannya adalah karena warna terang akan membuat kondisi dinding terlihat rendah dan plafon seakan akan semakin dekat dengan lantai.
  2. Jika rumah anda adalah model rumah minimalis dimana didalam ruangan mempunyai kondisi berplafon tinggi tapi memiliki ukuran ruang yang sempit, maka motif wallpaper horizontal atau mendatar yang di sertai warna terang, lebih terang dari plafon. Sehingga dari pemasangan wallpaper akan memberikan kesan luas. Motif wallpaper yang terlalu ramai akan membuat ruangan semakin sempit, maka anda harus menghindari hal itu.
  3. Pemilihan motif wallpaper yang memiliki warna agak gelap pada ruangan yang berukuran luas, maka akan menghadirkan kesan sejuk, nyaman dan lebih terasa hangat. Contoh warna yang bisa di pasang antara lain adalah warna cokelat, biru tua dan warna agak gelap lainnya.
  4. Aplikasi didalam ruanga interior bisa anda kombinasikan dengan beberapa desain warna sesuai dengan keinginan anda. pengubahan tata letak warna bisa di lakukan, semisal peletakan warna gelap pada sisi sisi dinding, tapi pada dinding bagian tenah anda bisa meambahkan warna terang, atau bisa digunkaan sebaiknya. Kesan ruangan ini bisa di aplikasikan bagi ruangan yang memanjang.

Setelah memilih motif untuk wallpaper, anda bisa memasang wallpaper sesuai dengan keinginan anda. tapi dalam memasang atau mencopot wallpaper tidak boleh asal asalan, karena jika salah dalam memasang wallpaper, interior dinding akan terlihat jelek dan membuat keindahan interior secara keseluruhan menjadi jelek.

Cara Untuk Mencopot Motif Wallpaper Dinding

Terdapat dua metode yang bisa anda gunakan untuk mencopot wallpaper dinding. Pemiliah cara bisa anda pilih sesuai dengan kehendak anda.

  1. Metode mudah tapi ribet, metode ini lebih menekankan menggunakan satu alat saja, yaitu cutter. Silahkan memotong bagian wallpaper yang ingin dicopot, setelah wallpaper terlepas, silahkan merobek menggunakan cutter sehingga wallpapaer terlepas, kendala yang akan anda temui adalah wallpaper yang masih menempel pada dinding, cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menconkel sedikit menggunakan cutter. Hasil robekan dari wallpaper akan terlihat menggunung, maka tugas selajutny adalah membuang sampah sampah sisa wallpaper yang tidak terpakai.
  2. Metode Mudah tapi ribet. Metode ini tetap harus memperhatikan dan mempersiapkan alat alat sebagai berikut
    • Ember
    • Busa atau spoon
    • Air hangat
    • Cuka

Sebagai langkah awal, campurkan air hangat dengan cuka didalam ember. Celupkan spoon ke dalam larutan air dan cuka. Gosokan spoon yang di celupkan pada larutan tadi, ke seluruh permukaan wallpaper di dinding dengan merata. Silahkan menunggu selama 5 hingga 10 menit sampai larutan tersebut meresap pada wallpaper, maka wallpaper akan lepas dengan sendirinya.

Hasil dari proses pencopotan wallpaper dinding lama ini adalah kertas yang berserakan di lantai. Silahkan membersihkan lantai sebelum melaksanakan langakh selanjutnya.

Tips Memasang Wallpaper Dinding

Setelah proses pencopotan wallpaper yang lama, maka proses selanjutnya adalah memasang wallpaper yang baru pada dinding yang sudah dibersihkan. Berikut tips cara memasang wallpaper dinding.

Untuk memasang wallpaper dinding, alat perang yang digunakan hampir mirip dengan proses pencopotan, tapai ada penambahan beberapa alat, seperti: Cutter, Penggaris, alas plastic dan meteran, selain itu anda juga harus mempersipkan adukan lem, kuas, amplas perata dinding , pemberat serta lem wallpaper.

Mempersiapakan semua bahan tersebut, setelah itu silahkan memasukai tahap selanjutnya, yaitu proses pengukuran. Proses ini lebih memperhatikan pada ukuran panjang dan lebar bidang dinding dan wallpaper yang tersedia. Lebihkan wallpaper dinding sekitar 1 hingga 1,5 Centimeter. Tujuannya adalah agar sisi dari wallpaper tersebut bisa dijadikan sambungan antar wallpaper.

Menandai bagian yang akan dilapisi wallpaper menggunakan pensil yang tadi sudah disediakan sehingga akan mempermudah dalam peletakan wallpaper dinding. hal ini akan mempermudah anda agar pemasangan menjadi rapi. Ketika anda memasuko tahap pengelemen dan pemasangan wallpaper pada dinding, anda perlu kehati hatian ekstra. Tempellah sesuai dengan tanda yagn tadi sudah dibuat. Rapikan asil penempelan wallpaper menggunakan pengaris akrilikik, kelebihan dari wallpaper yang jelek bisa anda potong menggunakan cutter.

Lakukan pemeriksaan pada hasil pekerjaan pemasangan wallpaper, pemeriksaan kerapian dalam proses penempelan dan penymabungan akan sangat terlihat. Pastikan juga agar semua wallpaper merekat dengan erat dan kuat.