Tips Kamar Mandi Agar Menjadi Nyaman

Sponsored Links

Tips Kamar Mandi Agar Menjadi Nyaman

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang harus ada pada setiap rumah, baik di tinjau dari segi kebutuhan, kesehatan dan lain sebagainya. Tapi memiliki kamar mandi juga harus bisa merawat dan melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Beberapa hal yang sering terjadi pada sebuah desain kamar mandi adalah sering terjadi kebocoran, ventilasi kamar mandi yang buruk dan lantai kamar mandi yang licin. Beberapa permasalahan tadi bisa di atasi, asalkan anda mau meluangkan waktu anda untuk mengamati, membersihkan dan memperbaiki kamar mandi. Jika anda ingin beberapa kerusakan kamar mandi di kerjakan orang lain, anda bisa memanggil tukanga pipa. Pada umumnya kerusakan yang terjadi terdapat pada pipa. Tentu jasa ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka, ketika anda ingin membangun rumah. pemilihan berbagai bahan bahan rumah harus anda perhatikan. Seperti pemiliahan kualitas pipa dan lain sebagianya. Perencanaan yang matang serta pemilihan bahan yang berkualitas akan menghindarkan diri anda dari masalah kamar mandi yang datang di kemudian hari. Tips kamar mandi akan menjadikan kamar mandi milik anda lebih nyaman.

Dasar Tips Kamar Mandi

Adapun beberapa tips kamar mandi agar nyaman ketika di gunakan

1.      System perpipaan yang di gunakan untuk kamar mandi.

Jika di rumah anda ada air yang merembes pada dinding atau lantai kamar mandi, maka bisa di pastikan bahwa itu adalah hasil dari pipa yang bocor. Jika hal ini tidak di tangani secara langsung, maka akan menimbulan bercak bercak yang jelek pada dinding kamar mandi. Khususnya bagi dindign kamar mandi yang menggunakan cat warna. Dan juga biaya untuk memperbaiki kerusakan seperti ini sangat mahal. Oleh karena itu system perpipaan harus di perhatikan dengan seksama. Perencanaan dan desain jalur pipa hendaknay di desain dengan matang.

2.      Lantai kamar mandi menjaid licin

Lantai kamar mandi yang licin berhubungan erat dengan jenis lantai yang di gunakan. Untuk sebauh kamar mandi, jangan menggunakan lantai yang sudah licin dari awal. Penggunaan lantai kamar mandi yang kasar sangat di sarankan untuk di gunakan pada lantai kamar mandi. Bahkan ada beberapa produsen lantai yang khusus membuat perlengkapana di kamar mandi, khususnya lantai yang di gunakan pada kamar mandi. Tapi ketika pemiliahan lantai sudah menggunakan lantai kasar, tapi tetap saja licin. Berart ini menunjukan waktunya untuk membersihkan atau menyikat lantai kamar mandi. Hal ini akan menghilangkan lumut yang menyebabkan lantai menjadi licin.

3.      Ventilasi untuk pertukaran udara di kamar mandi

Semakin lembab udara di dalam kamar mandi akan menyebabkan dampak yang tidak menyehatkan. Salah satu contohnya adalah timbulnya jamur serta menjadikan udara di dalam kamar mandi menjadi pengap. Tapi jika anda menambahkan ventilasi di dalam kamar mandi anda, maka kamar madi anda akan terasa sejuk karena terjadi pergantian udara. Untuk lebih menjadikan kamar mandi lebih sejuk, anda bisa menambahkan exhaust atau kipas agar pertukaran udara di kamar mandi selalu terjaga.

4.      Menyediakan tempat sebagai media untuk menyimpan peralatan mandi

Hal ini penting di lakukan mengingat tempat penyimpanan ini sangat di butuhkan, Karena bisa di pastikan tidak di tambahkan media penyimpan di kamar mandi, maka yang akan terjadi adalah hilangnya alat kamar mandi. Berbagai alat kamar mandi seperti sabn, shampoo , handuk dan alat alat lainnya bisa anda simpan di tempat penyimpanan yang tergantung di daindinatau dengan model penyimpanan lain.

5.      Posisi Kloset

Penempatan kloset hendakny di tempatnya dekat dengan wastafel dan jauh dari pintu masuk kamar mandi.

6.      Pencahayaan kamar mandi.

Salah satu elemen penting dalam dekorasi ruangan. Tapi dalam hal ini , pencahyaan dibutuhakan agar kamar mandi tidak gelap gulita. Anda bisa menambahkan cahaya alami sebagai penarik perhatian serta mengehemat pengunaan listrik, tapi hal ini akan menjadikan kamar mandi anda terlihat lebih terang. Untuk malam hari, anda bisa menggunakan penerangan berupa lampu hemat energy 25 Watt.

7.      Pemilihan berbagai bahan dan perabotan yang tepat

Memilih perabotan untuk kamar mandi hendaknay memperhatikan fugnsi dan penempatan barang. Untuk barang yang selalu bersentuhan dengan air, hendakanay menggunakan furniture atau bahan yang tahan terhadap air. Sebenarnay khusus untuk kamar mandi harus menggunakan bahan yang tahan terhadap air. Tidak terkecualai kamar mandi kering.untuk urusan merekatkan berbagai bahan, hendakany menggunakn bahan yang tahan air seperti water proof. Bahan ini di gunakan untuk melekatkan ubin ubin di lantai. Jika water proof tidak bekerja dengan baik, maka air akan merembes ke bawah dan pada akhirnya akan merusak lantai sendiri dengan menimbulkan retakan retakan.

8.      Space untuk ruang gerak

Memberikan ruangan di dalam kamar mandi tidak perlu terlalu luas, cukup beberapa tempat di dekat kloset di sekitar wastafel. Hal ini untuk menimbulkan kesan luas dan tidak terlalu rumit. Jika anda salah dalam menempatkan space ruang, maka space yang anda pakai akan terlihat kurang fungsional.

9.      Ruang untuk pintu kamar mandi.

Memberikan sedikti ruang pada pintu kamar mandi akan mempermudah anda ketika ingin masuk dan keluar lewat pintu.

demikian beberapa tips untuk merawat kamar mandi anda agar nyaman di gunakn. semoga bermanfaat bagi pembaca gambar desain properti dot com