Tips Desain Rumah Minimalis Tahan Banjir

Sponsored Links

Tips Desain Rumah Minimalis Tahan Banjir

Perancangan rumah memang harus di lakukan secara matang, baik juga melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi bermacam masalah, misal seperti bencanan alam, keamanan dan lain sebagainya. Sebagai pertimbangan, bahwa daerah di Indonesia merupakan daerah langganan banjir, khusus untuk rumah yang dekat dengan sungai besar seperti Bengawan Solo , Brantas dan berbagai daerah penampungan air yang lain. Oleh karena itu desain rumah yang tahan banjir sangat di perlukan tidak terkecuali desain rumah minimalis, karena kita tahu desain rumah minimalis merupakan desain yang di gandrungi oleh banyak kalangan saat ini.

Tidak bisa di pungkiri lagi, bahwa Indonesia merupakan daerah yang ada di garis khatulistiwa sehingga mempunyai dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Ketika musim hujan, hal yang paling di takutkan adalah terjadinya banjir, dengan tingginya curah hujan di Indonesia maka tidak heran ketakutan akan banjir akan terus menghantui sepanjang musim hujan. Terutama di daerah yang kawasan resapan airnya berkurang dan berada di daerah rendah. Tentu hal ini akan menjadi momok yang menakutkan.

Desain Rumah Minimalis Tahan Banjir

Apakah langkah nyata dalam mendesain rumah minimalis tahan banjir?

Jika membahas tentang kota yang sering menjadi langganan banjir tiap tahun. Maka yang perlu di persiapkan dalam rancangan awal bangunan adalah sebuah bangunan yang bisa tahan akan banjir. Dan hal ini bisa di lakukan sejak awal di buat rumah . misal tempat untuk memindahkan furniture furniture di buat mudah dan bisa di persiapkan sehingga jika banjir datang akan mudah di  pindahkan, membuat desain rumah bertingkat, mengamankan berbagai dokumen penting di tempagn yang kering, dan mengamankan berbagai instalasi listrik dan air serta memastikan seluruh anggota keluarga selamat dari terjangan banjir yang datang.

Banjir memang menjadi suatu musibah, tidak pelak setiap korban yang mengalami banjir akan mengalami kerugian, baik secara material ataupun keselamatan jiwa dari orang yang di sayangi akan terancanm. Bagi orang yang berada di kawasan rawan banjir, kehilangan suatu harta benda Karena banjir merupakan suatu resiko atau kerusakan berbagai fasilitas umum yang di miliki.

Semakin tingginya harga lahan serta keterbatasan lahan menjadikan seseorang tidak mempunyai pilihan memilihi rumah, sehingga mereka terpaksa harus tinggal di daerah rawan banjir. Dan hal ini menjadi keprihatinan karena memang setiap tahun daerah yagn di huni merupakan langganan tetap banjir, semisal daerah di Jakarta yagn setiap tahun mesti kedatangan tamu tidak di undang yaitu banjir.

Beberapa tips desain rumah minimalis sehingga bebasa dari banjir:

Jika memang daerah yang di bangun rumah merupkan langganan tetap banjir, maka anda bisa mempersiapkan berbagai hal berikut:

  • Meninggikan pondasi sehingga tingginay berkisar 40-50 Cm di atas jalan di depan rumah
  • Memastikan halaman dan carport lebih tinggi dari permukaan jalan dengan cara mengurug bagian depan rumah sehingga tingginya minimal 50 cm diatas permukaan jalan.
  • Memastikan ketinggian rumah bagian dalam lebih tinggi dari pada ketinggian maksimal dari banjir yang sudah pernah terjadi, atau minimal lebih tinggi dari permukaan sungai, jalan dan saluran air lainnya, al ini meminimalisir terjadinya air yang masuk ke dalam rumah.
  • Memastikan semua area yang berhubungan dengna septictank, saluran drainase dan instalasi listrik bebas dari banjir.

Tips di atas di gunakan bagi rumah yang hendak di bangun, untuk desain rumah minimalis yang tahan banjir yang ingin di renovasi karena terkena banjir,

ini ada beberapa tips tentang renovasi rumah minimalis tahan banjir:

  • Menaikkan ketinggian lantai , Memastikan jarak antara plafon dengan lantai tidak terlalu dekat, batas ketingginan yang di gunakan adalah tidka terlalu dekat dengan kepala laki laki dewasa.
  • Melakukan langkah blockade pada bgian sekitar teras, tapi resikonya adalah engurangi nilai estetika pada rumah bagian depan.
  • Membuat desain kolam renang ikan pada taman rumah minimalis, Hal ini berguna ketika terjadi banjir ringan, karena air akan tertampung di kolam, tapi resikonya adalah anda akan kehilangan ikan di dalam kolam
  • Membuat lubang di sekitar rumah sebagai daerah resapam air

Tapi ketika anda sudah melakkan segala tindakan pencegahan pada rumah hingga merenovasi rumah agar tahan banjir tapi banjir tetap saja mengganggu, maka anda bisa melakukan pengaturan berbagai perpindahan furniture sehingga furniture anda tidak ikut rusak ketika banjir datang.