Tips Cara Memperbaiki Dinding Rumah Yang Retak

Sponsored Links

Tips Cara Memperbaiki Dinding Rumah Yang Retak

Sebuah rumah yang nyaman adalah rumah yang bisa mengayomi, melindungi dan mengakomodasi kebutuhan pemilik rumah. Apa lagi jika rumah yang diinginkan tersebut berdiri kokoh bak istana kerajaan. Tapi akan jadi masalah yang besar ketika bangunan yang disebut rumah mengalami kerusakan baik dibeberapa bagian seperti dinding rumah, atap rumah dan beberapa bagian lain. Kerusakan yang dimaksud bisa terbagi menjadi beberapa bagian, mulai dari kerusakan yang sedang hingga besar. Yang menjadi persoalan yang besar adalah ketika terjadi kerusakan yang besar sehingga si pemilik harus turun tangan untuk memperbaiki rumah tersebut secepatnya. Penanganan yang tepat guna akan mempercepat kembalinya fungsi rumah dan tidak mempengaruhi fungsi dan keindahan rumah secara umum. Tapi penanganan yang molor dan terkesan asal asalan akan mengakibatkan kerusakan rumah semakin membesar.

Dari beberapa kasus kerusakan rumah yang terjadi, kerusakan pada dinding rumah menjadi kerusakan nomor satu yang terlihat oleh mata. Kerusakan pada dinding ini terlihat seperti retak biasa, atau biasa disebut retak rambut, atau terjadi keretakan dibeberapa bagian yang tersembunyi. Tapi kebnyakan yang terjadi adalah retak pada dinding terlihat dengan mata telanjang. Solusi dari kerusakan pada dinding yang retak bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tapi hal yang paling awal yang harus diperhatikan adalah mencari tahu peyebab utama dari keretakan yang terjadi pada dinding rumah. setidaknya mengetahui penyebab retak pada dinding akan menghindarkan dinding anda dari kerusakan atau retak oleh sebab yang sama, serta cara untuk mengatasi hal itu akan anda ketahui sehingga akan lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya.

Untuk masalah keamanan, dinding rumah yang retak akan menjadikan penghuni rumah was was karena dikhawatirkan akan runtuh sewaktu waktu. Untuk itulah langkah memperbaiki dinding rumah yang retak haruslah dilakukan secepatnya. Artikel kami akan memberikan anda bebera cara bagiamana memperbaiki dinding rumah sesuai dengan tingkat kerusaan yang terjadi. Tentnunya semakin parah kerusakan yang terjadi pada dinding rumah, maka akan dibtuhkan waktu yang lebih untuk memperbaiki. Disamping itu, kami membagi kerusakan rumah secara tiga bagian besar, yaitu kerusakan dinding rumah kecil atau ringan, sedang dan kerusakan dinding rumah yang parah. Agar rasa penasaran anda langsung terjawab, marilah kita simak Tips Cara Memperbaiki Dinding Rumah Yang Retak.

Dinding Rumah Minimalis Retak
Dinding Rumah Minimalis Retak

Mengatasi Dinding Rumah Yang Retak

   Kerusakan Dinding Ringan

 Kerusakan dinding yang ringan pada suatu dinding rumah dikaiatkan oleh pemasangan atau peletakan batu bata yang salah. Hal ini dikarenakan tukang batu yang terlalu dideadline dengan cepat sehingga peletakkan batu bata yang jelek. Seain itu setelha pemasangan batu bata, batu bara mengalmi pemanasan yang berakibat pada keretakan yang terjadi pada dinding rumah. banyak yang menyebut keretakan ringan yang terjadi degan sebutan retak rambut. Hal ini bisa menimpa dinding bagian dalam maupun bagian luar rumah.

Untuk mencegah keretakan dinding rumah dari kerusakan yang ringan bisa dilakukan penjadwalan pada waktu plesteran. Memilih waktu dengan memberikan jeda pada waktu plesteran akan menghindarkan anda dari retak ringan. Menunggu sampai dinding benar benar kering kemudian menyiram dinding dengan air dengan tujuan agar pengerasan yagn terjadi tidak terlalu cepat. Tapi ketika terjadi keretakan setalah proses plesteran, maka solusi yang terbaik adalah memerikan lapisan semen putih pada dinding yang dimaksud dan melakukan pengecatan ulang.

   Kerusakan Dinding Sedang

Kerusakan dindign sedangn bisa terjadi karena pemilihan material yang salah ketika membangun rumah. misal kurangnya material yang digunakan seerti campuran semen yagn sedikit sehingga dindign tidak terlalu merekat. Akibatnya adalah terjadi pengeroposan pada dinding. faktor penentu yang lain adalh keretakan yang terjadi pada dinding yang disebabkan oleh benturan. Biasanya rumah yang sering terjadi getaran getaran tanah akan mengakibatkan timbulkan kerusakan keruskan sedang. Maka rumah yang berada di daerah pembangunan semisal gedung haruslah berhati hati.

Solusi dari kerusakan dinding rumah menegah adalah memberikan bobok pada bagian dinding yang mengalami kerusakan. Menginat potensi kerusakan akibat pemasangan yang kuran material akan berakibat fatal, maka selau mengawasi tukang yang bermain nakal atau melakukan pemasangan bata sendiri adalah pilihan terbaik agar rumah kokoh dikemudian hari. Setelah melakukan bobok, maka mamsang material kembali padabagian yang rusak dan meberikan lapisan dindign dengan kawat ayam akan melakukan pengecatan kemabli bisa menjadi penangkal terbaik.

Bagaimana Memperbaiki Dinding Rumah Retak
Bagaimana Memperbaiki Dinding Rumah Retak

   Kerusakan Dinding Berat

Kerusakan yang terjadi pada rumah yang mengalami kerusakan dinding berat adalah bagina rumah yang bisa runtuh sewaktu waktu. Biasanya didaerah tanah gerk sering terjadi hal ini. Potensi robohny abangunan sangat tinggi dan sagnt disarankan untuk segera melakukan renovasi pada rumah yang bersangkutan. Biasanya hal ini dikarenakan salahnya perhitungan beban bangunan sehingga terjadi kerusakan pada struktur bangunan yang tidak kuat menahan beban atau memang umurbanguna yang susah tua. hal ini bisa menimpa rumah jenis apa pun, mulai dari rumah biasa hingga rumah minimalis modern.

Jika ditilik secara mendalam, fungsi utama dari dinding rumah adalah sebagai penyekat yang membagi rumah secara permanent. Atau bisa disebut juga sebagai sekat permanen pada rumah. tapi karena salah perhitungan sehingga dinding rumah ikut menjadi penyangga dari beban berat rumah bagian atas. Sehingga tugas meyangga menjadi pemicu terjadinya retakan ada dinding.

Solusi dari hal ini adalah dengan melakukan penguata struktur rumah secara keseluruhan, jalan yang bisa ditempuh adalah dengan menambahkan kolom atau balok sehingga dinding tidak menahan beban berat dari bagian atar rumah. adapun untuk dindign yang retak, penambalan dengan menggunakan cat putih dan melakukan pengecatan kembali bisa anda lakukan. jika dilihat lebih dalam, untuk kerusakan pada dinding rumah bisa dikarenakan dinding rumah berjamur dan dinding rumah rembes.

Semoga menjadikan manfaat bagi anda, kami hanya memberikan tips singkat untuk memperbaiki dinding rumah anda. untuk kerusakan atau solusi lebih lanjut, anda bisa mengembangkan sesuai dengan ide dan kadar keretakan yang terjadi. Hal ini semua untuk menjadikan rumah menjadi rumah idaman anda seutuhnya.