Tanaman Hias ala Tanaman Hidroponik

Sponsored Links

Tanaman Hias ala Tanaman Hidroponik

Mempunyai tanaman hias tentu akan memberikan nilai lebih pada rumah. baik pada desain rumah maupun nilai alami yang bertambah pada rumah sehingga rumah Nampak lebih asri dan hijau. Namun, bagaimana jadinya jika anda ingin membuat sebuah taman hias tapi tidak memiliki lahan berupa tanah yang cukup. Apakah ada metode lain yang bisa diterapkan untuk membuat sebuah tanaman hias. Untuk menjawab pertanyaan ini, tanaman Hidroponik hadir untuk memberikan solusi jitu terpercaya. Dengan menggunakan car penanaman yang menggunakan media air, kebutuhan unsur hara tanaman bisa dipenuhi dengan memberikan pupuk yang dicampur pada media air tersebut. Untuk efektifitas, tanaman hidropoinik bisa memberikan nutrisi makanan secara maksimal. Jika orientasi tanaman hias anda adalah hasil buah yang bagus, maka sistem Tanaman hidroponik sangat cocok untuk diterapkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, menanam dengan teknik Hidroponik bisa menjadi solusi jitu, perhatian lebih di tujukan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Dengan media yang cocok berupa air tanpa tanah yang didalamnya sudah dicampur nutrisi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman secara maksimal. Ada yang mengatakan bahwa dengan menanam tanaman dengan metode hidroponik bebas dari hama.

Cara Tanaman Hidroponik
Cara Tanaman Hidroponik

Bagaimana Menanam Tanaman Hidroponik Di rumah

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari menanam tanaman hidroponik di rumah, diperlukan sistem yang sesuai, terdapat setidaknya enam bentuk model menanam tanaman hidroponik, antara lain.

Menanam hidroponik sistem Wick

Model menanam hidroponik sistem wick adalah model yang paling sederhana yang digunakan pada model tanaman hidroponik, sistem wick menitik berartkan paa balarutan nutrisi yang bergerak menuju ke dalam media tumbuh, pergerakan berasal dari reservoir sumbu. Nutrisi bisa masuk ke dalam media tanaman dikarenakan ada sumbu yang menarik. Bisa dikatakkan bahwa sistem Wick adalah sistem yang bersifat pasif, hal ini dikarenakan tidak ada bagian yang bergerak. Beberapa macam media yang sering digunakan pada sistem Wick antara lain Vermiculite, Pro-mix, Perlite dan yang paling popular adalah serabut kelapa.

Sistem menanam hidroponik Water Culture

Sistem walter culture pada tanaman hidroponik memiliki sistem yagn sederhana, dibutuhkan wadah yang menyangga tumbuhan, dengn wadah penyangga tumbuuhan, maka air bisa meresap dengan adana pompa udara yang memompa udara ke air stone sehingga terbentuk gelembung gelembung sebagai supply oksigen ke akar akar tanaman. Wadah yang digunakan bisa terbuat dari Styrofoam dan mengapung untuk menjadi media tanam.

Sistem tanam hidoponik EBB dan Flow (Flood and Drain)

Sistem ini menjadikan sekeliling tanaman banjir dengan air yang dipenuhi oleh nutrisi hingga batas tertentu. Dengan membanjiri wadah dengan nutrisi maka tumbuhan bisa dengan mudah menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Setelah beberapa saat maka air nutria si yang membanjiri disedot kembali ke penampungan, dan begitu untuk seterusnya. Yang perlu diperhatikan pada sistem Flood and Drain adalah pompa yang dikoneksikan dengan timer sehingga timer memberikan instruksi untuk proses membanjiri wadah pertumbuhan.

Tanaman Hidroponik Sistem Drip

Salah satu sistem yang popular dan banyak dilakukan adalah sistem tanam hidopink dengan sistem tetes, pengoperasi sistem ini sangat sederhana. Dengan menggunakan timer yang dikoneksikan pada pompa, tujuannya adalah utuk mengontrol pompa sehingga pompa bisa hidup dan meneteskan nutrisi ke masing masing tumbuhan. Agar tumbuhan bisa berdiri dengan tegak, maka tanaman ditopang dengna media tanaman selain tanah yaitu sekam bakar, ziolit, pasir , cocopit dan lain lain.

Sistem tanan hidroponik NFT (Nutrient Film Technique)

Model sistem NFT sering digunakan, dengna menggunakan prinsip aliran yang konstan, sehingga tidak ada waktu yang dibutuhkan untuk pompa submersible, aliran kontan ini memudahkan tumbuhan untuk mendapatkan nutrisi dari air yang terlarut. Larutan nutrisi akan di pompa ke dalam baki tumbuhan yang biasanya berbentuk tabung, arus akar tanaman akan kembali ke reservoir.

Model Tanaman Hidroponik dan Aeroponik

Sistem tanam dengan menggunakn hidroponik dipadu dengan aero ponik adlah sistem yang tercanggih untuk melakukan sistem tanaman hidroponik. Bisa dikatakan bahwa dengan mengabungkan kedua sistem ini, maka hasil terbaik dan tercepat bisa dibisa didapatkan dalam berkebun hidroponik. Hal ini bisa terjadi karena larutan nutrisi diberikan atau disemprotkan lagnusng ke akar dalam bentuk kabut, bentuk kabut ini lah yang memudahkan akar tanaman untuk menerap larutan nutrisi yang banyak mengandung oksigen, dan kedua zat ini lah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam pertumbuhan agar maksimal dan cepat.

Dengan selalu berkembangnya penanaman media tanam pada baik dengan media lain, salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman hidroponik dan terdapat berbagai macam sistem tanam hidroponik. Penerapan yang tepat dan cocok dapat menghasilkan hasil tanaman yang maksimal, selain itu dapat dilakukan pada tempat yang terbatas serta berkesan modern, maka sistem tanam hidroponik akan cocok untuk diterapkan.