Perpaduan Desain Rumah Adat dan Desain Modern

Sponsored Links

Perpaduan Desain Rumah Adat dan Desain Modern

Sebagai bangsa Indonesia, beragam etnik dan budaya melahirkan bebagai macam produk budaya. Mulai dari kebudayaan secara nyata atau perbuatan, dialeg bahasa hingga desain rumah adat yang kental kedaerahannya. Berbagai rumah adat yang tersebar di setiap propinsi di Indonesia tentu memiliki nilai tambah tersendiri dari segi desain interior maupun eksterior.

Sebagai penikmat dan yang mendesain rumah, anda bisa memadukan antara desain rumah adat dengan desain modern. Perpaduan dua desain yang berbeda ini tentu akan melahirkan sesuatu yang berbeda, missal anda mendesain ruangan didalam rumah dengan konsep rumah adat, anda perlu mengkiblat desain rumah adat dari daerah mana, jika anda menggunakan konsep rumah adat betawi , maka anda harus bersiap siap dengan lahan luas untuk mengakomodasi ruangan ruangan.

Rumah adat toraja yang terkenal dengan desainnya yang unik, dimana atap rumah terlihat membumbung tinggi serta memiliki bentuk yang khas. Anda bisa mengadaptasi bentuk seperti ini, tapi anda memerlukan desain yang matang untuk di padukan dengan desain modern yang trend saat ini.

Adaptasi Rumah Adat yang Modern

Sebagai salah satu asset bangsa, rumah adat perlu dilestarikan dan dikembangkan, perkembangan rumah adat yang murni menggunakan bentuk asli mulai jarang diminati, apalagi dikalangan anak muda. Nilai nilai luhur yang ada pada rumah adat tidak begitu mereka pahami sehingga rumah adat hanya bisa di temui di museum atau didaerah cagar budaya. Tapi jika rumah adat ini diasimilasi dengan desain rumah yang sedang tren sekarang, anda bisa bayangkan. Banyak anak muda dengan sukarela membuat rumah adat yang bernuansa modern, mulai dari desain rumah, restoran, café bahkan sampai hotel pun. Dan juga desain desain yang bersifat kedaerahan namun modern masih sangat jarang. Kebanyaan masih menggunakan model model luar negeri seperti model vintage, minimalis, Rustik dan lain sebagainya.

Pada beberapa tempat, desain rumah adat tetap dijaga. Seperti di daerah Jakarta, tepatnya di sebuah restoran. Mereka menggunakan desain rumah adat betawi sebagai tema yang mereka usung. Dengan merenovasi restoran sehingga suasana betawi yang kental begitu terasa. Anda akan menemui berbagai macam aksesoris akseoris pelengkap dari daerah betawi, semisal ondel ondel, lampu gantung khas betawi dan corak khas betawi di pinggir pinggir pintu. Ukiran ukiran yang menghiasi sisi gedung juga menjadikan nuansa betawi kian kental.

Selain penggunaan rumah adat pada restoran, beberapa ahli arsitek juga mengaplikasikan desain rumah adat jawa ke dalam rumah mereka. Dimulai dari bagian depan, ketika anda masuk kedalam rumah, anda akan disambut dengan desain pintu gebyok. Desain pintu gebyok yang terdiri dari pintu biasa dan terbuat dari kayu tapi yang unik dari yang lain adalah ukiran ukiran yang ada pada pintu gebyok, setiap ukiran tidak hanya berupa dekorasi semata, tapi ukiran tersebut memiliki makna implisit. Setelah itu ketika anda memasuki bangunan rumah, anda akan disuguhi dengan berbagai macam perabotan hingga desain yang terbuat dari kayu. Tiang pancang bangunan juga terbuat dari kayu pilihan yang kuat, biasanya kayu yang digunakan adalah kayu jati atau mahoni yang sudah terkenal kekuatannya. Setelah itu bagian atas dilapisi dengan anyaman bamboo, menjadikan ruangan semakin sejuk. Penggunaan perabotan berupa kayu juga menjadikan rumah semakin terkesan adat banget.

Desain Interior Rumah Adat Untuk Mempercantik Interior Rumah

Secara keseluruhan rumah adat terlihat menarik, tapi rasa penasaran anda akan di buat naik lagi dengan melihat interior desain rumah adat. Berbagai furniture khas dan unik dari tiap daerah akan membuat kondisi rumah anda semakin terlihat khas. Jika dilhat dari bahan furniture seperti meja, kursi dan kursi panjang, kebanyakan masih menggunakan kayu sebagai bahan utama, serta menggunakan tenaga manual manusia untuk menyelesaikan furniture yang ada. Seperti kursi ukir khas Kudus, sebuah kota kecil di pulai jawa, tapi jangan meremehkan kota Kudus, hampir kebanyakan hasil ukiran ukiran yang unik dank has di ciptakan di sini. Tidak heran jika anda akan menjumpai toko mebel yang menjual kursi ukiran ukiran khas Kudus.

Apa bila anda ingin memesan satu set furniture khas dari suatu daerah, anda tinggal menghubungi orang di daerah yang bersangkutan. Tapi anda mungkin akan kesulitan untuk mencari pengrajin furniture khas suatu daerah, Karena hampir saja penerus dari generasi pembuat barang barang khas suatu daerah hampir tidak ada.

Semoga bermanfaat.