Membuat Vertical Garden Taman Rumah Minimalis

Sponsored Links

Membuat Vertical Garden Taman Rumah Minimalis

Membuat Vertical Garden Taman Rumah Minimalisdesain taman yang mensrik dan unik bisa di terapkan pada rumah jenis apapun, tidak terkecuali pada desain rumah minimalis. pada vertical garden taman rumah minimalis, penggunaan konsep taman walaupun dengan lahan yang sempit sangat tetap bisa menghadirkan nuansa hijau dan segar di dalam rumah. memang di sadari bahwa menggunakn sebuah ruangan agar di isi dengan lahan hijau sangat sulit, oleh kare itu dengan hadirnya desain vertical garden taman rumah minimalis, maka di harpakan masalah akan kurang nya kesegaran dan tumbuhan hijau di dalam rumah bisa teratasi. Memang jika di lihat sepintas taman ini terlihat baru, tapi desain taman ini memang berasal dari jepang dan memang sudah di kenal luas di sana.

cara membuat vertical garden taman rumah minimalis tidak terlalu sulit, dengan kebutuhan akan hunian hijau dan alat serta bahan yang tersedia di pasaran juga memadai, maka tidak ada alasan tidak bisa menhadirkan vertical garden ke rumah anda. dari segi instalasi, membutuhkan perhatian lebih, karena memang dengna media ini kita dapat dengan mudah mendapatkan tumbuhan hijau yang tumbuh di dinding rumah kita tanpa mengurangi lahan yang tersedian, tapi kita harus memperhatikan pasokan air yang di butuhkan tumbuhan ketika memasang instalsi saluran air.

Penggunaan Vertical Garden Taman Rumah Minimalis  Unik

Agar terciptanya desain vertical garden rumah minimalis idaman , maka bahan bahan yang di butuhkan antara lain :

1. Sistem karpet (tekstil atau geotekstil)

2. Bingkai bergantung

3. Bingkai bertingkat

4. Vertical Garden Module

5. Sistem modular

Media tanam yang paling bagus di gunakan adalah Vertival Garden Module (VGM),  tapi di mana pun hukum jika menginginkan kualitas, harga juga mahal, maka tidak heran harga media ini terbilang mahal, alternatif lain yang bisa di gunakan banyak. Untuk mengehmat biaya anda bisa menggunakan media lain yang lebih murah. Tapi perlu di ingat bahwa besar biaya dan tingkat kesulitan taman vertical bergantung dari media yang di pakai.

untuk jenis media tanam yang di gunakan pada vertical garden. maka agar hasil yang di harapkan sesuai dengan keinginan, maka media taman ini harus di perhatikan. Karena media yang baik akan menjadikan pertumbuhan tumbuhan pada vertical garden akan menjadikan tanaman subur. Anda memperhatikan media tanam yang cocok, jangan menggunakan media tanam berupa tanah. Karena media tanah ini akan membuat lantai rumah menjadi kotor. Penggunaan media lain seperti tali ijuk, cocopeat dan hanya sedikti penggunaan tanah. Dan yang terpanting lagi, anda harus memperhatikan asupan zat hara akan terpenuhi maka tanaman akan tumbuh dengan baik.

Tanaman yang pas dan cocok untuk di tanam dengan menggunakan metode vertical garden harus memiliki beberapa parameter tertentu, tapi tidak semau jenis tanamn cocok, beberap hal yang harus di perhatikan dalam memilih jenis tanaman yang cocok :

  • Jenis tanaman yang memiliki bobot yang tidak ringan dan memiliki bobot yang ringan

Jenis tanaman ini akan menjadikan vertical garden rumah anda akan terkesan ekslusif serta media yang di gunakan bisa menampung dan memuat berat dari tanaman yang di tanam.

  • Pemilihan kecepatan tumbuh juga di perhatikan, pemilihan kecepatan tumbuhan lambat hingga sedang, jangan memilih tanaman yang memiliki kecepatan cepat.

Hal ini di lakukan untuk menghindari tanaman yang terlalu besar serta akan menjadikan media tidak kuat menahan tanaman. Dengan memilih tanaman yang memiliki kecepatan tumbuh sedang hingga lamban, maka anda bisa dengna mudah memonitoring pertumbuhan tanamn sembari jika sudah erlalu bsar, ada baiknya mengganti jenis tumbuhan atau mengganti media tanam.

  • Tidak menggunakan tanam rambat.

Tanaman rambat akan menutupi seluruh media tanam dengan seluruh akar dan daun yang di hasilkan, jika sudah terjadi hal ini, maka langkah yang anda lakukan adalah mengganti median atau memtikan tumbuhn rambat, di sisi lain, nilai estetika akan berkurang karena semau tanaman lain tertutupi oleh tumbuhan rambat.

Dari beberapa saran dalam memilih jensi tumbuhan untuk vertical garden taman rumah minimalis, maka terkumpul beberapa macam tanaman yang memnuhi kriteria di atas :

  1. Kuping Gajah (Anthurium crystalinum). Pilihlah jenis tanaman kuping gajah yang berdaun kecil.
  2. Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum)
  3. Lili Paris (Chlorophytum comosum). Tanaman ini memiliki daya tahan yang bagus terhadap paparan sinar matahari langsung namun tetap bisa tumbuh optimal di tempat yang terlindungi dari sinar matahari sekalipun.
  4. Cryptanthus
  5. Kucai. Bunga Kucai yang berwarna pucat ungu dan berbentuk bintang dengan enam kelopak bunga yang lebar.
  6. Neoregelia.
  7. Lipstik (Aeschynantus Radicans).
  8. Kadaka (Asplenium sp). Anda bisa memnggunakan yang jenis daun tidak terlalu lebar.
  9. Sirih Merah.
  10. Singonium.

Bagaimana cara untuk merawat vertical garden taman rumah minimalis modern

Beberapa jensi tanaman yang bis anda pilih untuk taman vertical milik anda agar taman vertical tetap terlihat berwarna dan segar. System pengairan pad ataman ini adalah dengan menggunakan jenis irigasi tetes (drip irrigation) atau system sprayer (semprot embun). Untu pemenuhan zat hara pada tumbuhan, maka anda bisa memupuk setuap 1 atau 2 minggu sekali, bergantung dari jenis tumbuhan yang di gunakan kserta kondis rumah.

Ketika membahas tumbuhan, tentu kurang pas jika tidak membahas tentang cara mengatasi hama, untuk mengatasi hama pad ataman vertical, anda bis menggunakan pestisida sebelum menanam tanaman. Peletakan yang pas juga akan berpengaruh pada asupan sinar matahari yang di gunakan tumbuhan untuk berfotosintesis. Dengna menyesuaikan jenis tanaman dan sinar matahari yang buthan, maka anda bisa mendapatkan pertumbuhan tanaman yang baik serta tidak terjadi sun burn pada tanaman yagn mengakibatkan tanaman layu.

semoga artikel tentang cara membuat taman vertikal rumah dpat memberikan manfaat kepada anda.