Konsep Rumah Go Greeen Solusi Rumah Segar dan Sehat

Sponsored Links

Konsep Rumah Go Greeen Solusi Rumah Segar dan Sehat

Memilik rumah yang cantik, segar, nyaman dan sehat. Siapa yang tidak ingin rumah seperti itu!! Anda bisa mewujudkan desain rumah seperti itu, dengan konsep rumah go green anda bisa memadukan antara nilai keindahan dan estetika ruangan yang dipadukan dengan suasana segar dari hijaunya lingkungan sekitar anda. Anda tidak perlu bingun bagaimana cara untuk mewujudkan hal ini, karena rumah go green adalah rumah yang memadukan keindahan interior ditambah dengan konsep alami. Jadi anda idka perlu bingun mengenai konsep rumah go green, dari pada bingung dengan konsep go green, silahkan anda mulai take action dengan menanam beberapa tumbuhan agar rumah anda menjadi segar dan hijau, hal ini juga merupakan bagian dari desain rumah go green.

Jika anda berpikiran bahwa rumah dengan konsep go green akan menguras kantong anda, maka silahkan anda buang jauh jauh pikiran yang salah itu. Untuk berpartisipasi secara aktif dalam upaya membuat lingkungan yang sehat dan hemat, anda bisa melakukan sedikit langkah kecil dengan rumah sendiri. Anda bisa melakukan perubahan itu dengan cara mempermak rumah dengan biaya yang sedikit. Missal dengan menggunakan cahaya matahari sebagai cahaya utama dan mengurangi penggunaan lampu listrik pada siang hari.

Keuntungan yang bisa anda ambil jika anda mulai untuk memilik konsep rumah go green adalah lingkungan akan semakin terawatt serta anda akan berusaha hidup dengan hemat serta tidak bergantung sepenuhnya pada energi yang tidak dapat diperbaharui. Hemat yang dimaksud adalah tagiah listrik anda tentu akan turun karena anda menghemat penggunaan listrik dirumah .

Beberapa Langkah Untuk Menerapkan Konsep Rumah Go Green

Terdapat beberapa langkah agar rumah anda memakai konsep go green, semakin anda menerapkan konsep ini. Semakin alami, indah dan menarik rumah milik anda. adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Segera perbaiki bagian rumah yang rusak

Setiap bagian rumah yang mengalami kerusakan hendaknya segera diperbaiki, jika bagian yang rusak terus dibiarkan, bisa jadi terjadi konsumsi energy yang terbuang, menurut penelitian, pemakaian energy pada rumah yang mengalami kebocoran akan terbuang. Besar pemakain biaya energy akan berkurang mulai dari 20 persen per tahun hingga 50 persen per tahun.

  • Pergunakan sinar matahari untuk menjemur pakaian

Menggunakan panas matahari akan mengurangi kebutuhan anda akan energy yang tinggi. perlu diketahui bahwa konsumsi energy untuk mengubah energy listrik menjadi energy panas sangatlah besar, oleh karena itu pergunakanlah energy yang Cuma Cuma berupa panas matahari untuk mengeringkan jemuran. Perhitungan mengenai rincian uang, jika anda mengeringkan pakaian selama 40 menit menggunakan pengering listrik, anda akan membutuhkan eneri sekitar 5.000 Watt, angka ini jika dikonversikan ke dalam rupiah akan menjadi nominal dua juta Rupiah.

  • Melakukan pembersihan kulkas secara rutin

Ternyata kulkas yang jarang dibersihkan akan melakukan proses pendinginan yang lebih keras, hal ini dikarenakan didalam kulkas ada zat zat yang ikut masuk ketika pintu lemari es dibuka, dan hal ini tentu akan membutuhkan daya yang lebih besa daripada proses yang biasa. Maka melakukan pembersihan secara rutin pada kulkas adalah solusi jitu jika tidak ingin tagihan listrik anda naik karena masalah kulkas.

  • Memilih kran air yang berkepala rendah

Cara untuk menghemat air adalah mengatur katup kran air, atau memilih kran kepala rendah. Hal ini diklaim lebih efektif untuk menghemat konsumsi dari air sebesar 50 persen. Jika anda memilih kran air yang memilik lubang besar, bisa dipastikan bahwa tagihan air anda akan semakin membengkak dan penggunaan air menjadi tidak maksimal.

  • Kurangi polusi dengan tanaman dirumah

Polusi didalam rumah bisa anda tangkal dengan menanam tumbuhan tumbuhan pada interior maupun eksterior rumah. pemilihan jenis tumbuhan pun harus disesuaikan dengan keindahan dan estetika. Memang tumbuhan berupa pohon pohonan akan lebih mudah dalam melakukan penyerapan polusi, tapi disisi lain akan terlihat jelek dari segi estetika ruangan. Untuk bagian interior rumah, silahkan anda menempatkan tumbuhan didalam pot, anda bisa meletakan tumbuhan tumbuhan ini di bagian sudut rumah, usahakan tumbuhan tumbuhan ini mendapat cahaya matahari secara langsung.

Trik ini bisa anda lakukan jika rumah anda bermandikan cahaya. Jika tidak, maka anda harus melakukan pergantian tumbuhan didalam dan diluar rumah.

Selain dari langkah langkah nyata di atas, anda bisa memadukan konsep rumah go green dengan cara menggunakan konsep konsep go green dari Negara Negara maju untuk diterapkan di rumah anda.

Konsep Rumah Go Green Dalam Rumah Sehat

Konsep rumah go green sangat mudah diterapkan pada desain rumah anda, missal penggunaan rumah hemat, baik hemat energy, hemat energy dan efisiensi material. Secara garis besar bisa anda ketahui detailnya sebagai berikut.

Hemat energi adalah menghemat energy listrik dan air. Konsep dari menghemat ini adalah menggunakan sumber sumber energy seperlunya saja dan tidak bermaksud memboroskan. Dengan kata lain, kita hidup tanpa lampu listrik sehingga ruangan terasa gelap, pengap dan kotor. Dengan desain pendukung berupa jendela yang lebar dan ventilasi yang lebar, maka suasana skylight akan semakin terasa. Cahaya matahari akan bisa memberi cahaya untuk rumah kita.

Untuk bagian keamanan, anda bisa menggunakan besi berupa teralis yang bisa dengan mudah anda desain sesuai dengan keinginan anda. jika anda tidka berminat dengan bahan dasar besi, anda bisa menggunakan bahan lain berupa bahan fiber bening atau menggunakan kaca.

Untuk atap anda bisa menerapakan konsep atap hijau, belakangan konsep ini berkembang diluar negeri, selain mengunakan atap sebagai bagian dari atas rumah, mereka menggunakan atap untuk bercocok tanam. Hasilnya pun cukup lumayan.

Lain hal dengan efisiensi ruangan dan material bangunan, untuk masalah yang satu ini, silahkan anda menggunakan berbagai material yang ramah lingkungan, selain itu beberapa perabotan yang digunakan untuk membangun rumah masih bisa digunakan, jadi anda bisa menghemat sekaligus mendaur ulang bahan yang sudah tidak terpakai.

Penyatuan fungsi ruangan yang memiliki fungsi yang sama bisa anda lakukan. Biasanya hal ini dilakukan oleh pemilik rumah yang memiliki lahan terbatas.misal penggunaan partisi antara ruang tengah dan ruang tamu yang hanya berupa anyaman bamboo yang bisa dengan mudah dipindahkan. Selain itu anda bisa menyatukan antara area hijau dengan ruang makan.

 Semoga bermanfat bagi kawan kawan gambar desain properti dot com.