Ide Resep Masakan Vs Resep Rumah Tradisional

Sponsored Links

Ide Resep Masakan Vs Resep Rumah Tradisional

Seperti halnya membuat sebuah resep masakan , Di dalam resep masakan khas setiap daerah, terdapat beberapa bahan yang mewakili cita rasa masing masing daerah, tidak heran Indonesia yang memiliki ragam daerah memiliki berbagai resep masakan yang berbeda pula. Rumah pun demikian, setiap daerah di Indonesia memiliki keberagaman jenis dan desain rumah daerah yang bermacam macam, mulai dari sabang hingga merauke. Semua mempunya jenis rumah tradisioanal yang berbeda antara satu daerah dengan daaerah yang lain.

Rumah tradisional dan resep masakan tradisional memiliki persamaan, yaitu di kembangkan di daerah dimana kedua hal ini di kenal, seperti daerah Jakarta, terkenal dengan kekhasan rumah betawi, sedangkan resep masakan banyak yagn tersohor, salah satunya adalah empal gentong. Masakan yang menggunakan gentong sebagai media penyimpanan kuah agar terasa enak dan sedap.

Untuk daerah lain seperti daerah jawa timur, rumah tradisional yang di gunakan di dominasi oleh kayu kayu kuat seperti kayu mahoni dan kayu jati. Penggunaan kayu ini adalah sebagai penyangga rumah serta sebagai pemanis interior rumah. kayu yang memiliki tekstur khas, tentu akan menjadika rumah tradisional jawa timur semakin khas dan unik.

Lain hal dengan desain rumah tradisional daerah papua , desain rumah yang menggunakan rumbai dari ranting pohon dan kayu ini akan menjadikan kesan unik sekaligus mengherankan. Desain rumah ini bisa anda basa sebagai penghias bagian dalam rumah anda. tambahkan space ruang di dalam rumah seluas rumah yang akan di dirikan, fungsi dekoratif yang unik akan memberikan kesan yang mendalam di dalam rumah anda.

Desain rumah yang juga bisa dikatakan unik adalah desain rumah tradisional berupa rumah panggung. Rumah pangguna yang notabennya berfungsi sebagai rumah yang tidak bersentuhan langsung dengna tanah, tapi hanay pondasi saja yang berhubungan langsung dengan tanah. Hal ini di lakukan karena daerah yang menggunakan system rumah seperti ini sering mengalami banjir.

Contoh Resep Rumah

Rumah Tradisional Sebagai Aset Budaya Bangsa

Keanekaragaman budaya dan suku di Indonesia sudah sepantasnya menjadi asset yang tidak ternilai harganya di kalangan bangsa kita, dan menjadi kebanggaan Negara kita dai pada Negara lain. Rumah tradisional yang memiliki bentuk, rupa dan macam macam desain akan terasa lebih menarik jika di kemas secara manrik sehingga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung melihat keanekaragaman budaya di bumi pertiwi ini.

Beberapa Contoh Rumah Tradisional Indonesia

Seperti seseorang yang memiliki nama, sebuah rumah tradisional pun memiliki nama. Dalam penamaan rumah tersebut terkadan di sesuaikan dengan nama setempat ataupun di ambil dari fungsi bangunan tersebut.

  • Rumah Gadang khas suku Minangkabau

Desain rumah Gadang yang unik dan menarik ini terlihat dari sayap kanan dan kiri rumah tesebut. Rumah gadang atau sering di sebut sebagai rumah Baanjung ini terlihat seperti sebauh anjuang, karena atap yang ebih mirip seperti sayap. Karena kekhususan dari ruang anjung yaitu sebagai tempat persandingan pengantin atau sebagai tampat ketua adat di nobatkan,

Dari kdua desain anjungan ini, rumah gadang di bedakan menjadi dua, yaitu rumah Bodi-Chianigo dadn Koto-Piliang. Kedua desain ini di bedakan berdasarkan tongkat penyangga pada bagian bawah . motif ukiran yang menggunakan bentuk bentuk tumbuhan memberikan kesan islam yang kental ke dalam rumah Gadang.

  • Desain Rumah Joglo dari Jawa timur

Salah satu jenis rumah tradisional yang menarik perhatian adalah desain rumah Joglo. Desain khusus dari rumah yang berada di jawa ini, tepatnya di daerah Kudus lebih di anggap mewakili rumah tradisional jawa yang menarik dan menawan. Dengan menggunakan kayu sebagai keseluruhan bahan dasar rumah. dengan system pembangunan yang tanpa kayu, menjadikan desain rumah Joglo aman dari gampa bumi.

Dengan desain interior berupa tambahan ukir ukiran di berbagai ssudut rumah. menjadikan rumah Joglo semakin menawan. Penggunaan pilar dari kayu dan di tambahkan ukiran ukiran yang memiliki makna filosofi yang mendalam.

Rumah Joglo memiliki tiga bagian rumah, Pendapa, pringgitan dan dalem (Ruang dalam). Di jelaskan lebih lanjut, pendapa adalah bagian teras rumah yang terbuka, pringgitan adalah ruang tengah, penghubung antara pendapa dan dalem, sedangkan dalem adalah bagian dalam rumah, tempat pribadi keluarga si pemilik rumah.

Hal lain yang menjadika rumah Joglo semakin Indah adalah Pintu Gebyok yang syarat dengan ukiran ukiran tertentu dan tentunay jika anda ingin menhadirkan ke dalam rumah anda, silahkan anda mempersiapkan dana yang lumayan.

Semoga bermanfaat.