Dilema Antara Rumah Dijual dan Kavling

Sponsored Links

Dilema Antara Rumah Dijual dan Kavling

Membeli sebuah rumah untuk digunakan sebagai hunian bagi seluruh keluarga memang tidak mudah. Selain memilih desain yang akan digunakan, ternyata ada dua jalur yang bisa digunakan untuk membeli rumah, yaitu jalur memilih rumah dijual siap huni atau membeli kavling yang selanjutnya dibangun sebuah ruah diatas tanah kavling. Tentunya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, untuk lebih jelasnya silahkan membaca ulasan kami tentang Dilema Antara Rumah Dijual dan Kavling

Memilih rumah dijual siap huni

Membeli sebuah rumah yang siap huni memiliki keuntungan yang banyak, yaitu rumah bisa langsung ditempati tanpa memikirkan hal hal lain, tidak bingun mencari atau membuat model rumah yang akan diterapkan, serta bisa membayar dengan menggunakan system KPR (kredit pemilihan rumah) tentu hal ini menjadi suatu kemudahan dari membeli sebuah rumah terutama untuk rumah siap huni. Walaupun ada jenis rumah siap huni yang kelihatan kecil, tapi tetap bisa dkategorikan sebagai rumah siap huni.

Jika sebelumnya kita membahas tentang keuntunga dari sebauh rumah dijual murah siap huni. Seperti dua mata koin yang saling bersebrangan, dimana ada keuntungan pasti ada kekurangan. Adapun kekurangan dari rumah dijual siap huni adalah

Harga rumah dijual pada rumah siap huni lebih mahal dari pada membangun rumah sendiri. Hal ini dikarenakan kemudahan fasilitas yang didapatkan, mulai dari kemudahan KPR hingga fasilitas pendukung misal pembuangan air, menyewa satpam dan juga lain lain. Hal ini tidka akan anda temui pada desain rumah yang anda bangun sendiri. Tapi rumah yang dibangun sendiri biasanya berada dikampung yang notabennya jiwa sosial lebih tinggi.

Bila tidak diawasi bisa terjadi penggunaan material rumah hingga pemilihan material dibawah standar. Hal ini terjadi karena anda tidak memperhatikan sejal awal, anda pelru melakukan pengecekan tiap hari atau tiap beberapa hari untuk mencegah terjadinya penyelewengan semacam ini.

Tips Beli Rumah
Tips Beli Rumah

Lokasi Menjadi Penentu Harga Rumah Dijual

Sebuah rumah dijual memiliki pembeda dari segi lokasi rumah, untuk rumah kawasan perumahan dan juga rumah non perumahan, masing masing tentunya akan memilik dampak yang berbeda begantung dari penghuni rumah.

Rumah di daerah non perumahan

Untuk rumah didaerah non perumahan, berarti rumah tersebut berada diluar daerah perumahan. Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan rumah untuk didaerah perumahan didaerah non perumahana dala harga yang murah. Anda bisa membandingkan rumah yang berada didaerah perumahan dan non perumahan. Jika pada daerah perumahan harga rumah per meter dikatakan sebesar Rp 300.000,-. Maka pada perumahan harga tersebut bisa lebih murah bahkan bisa mencapai Rp 250.000,-. Bahkan rumah non perumahan tergantung dari lokasi, jika anda beruntung mungkin anda mendapatkan rumah didekat dengan lokasi keramaian, tapi tentu harganya akan lebih mahal lagi. Tapi jika masih dalam satu kawasan, sebauh rumah non prumahan masih lebih murah dari pada rumah diperumahan. Dan sebagai catatan, rumah non perumahan adalah rumah seken yang dijual sedangkan rumah perumahan biasanya adalah rumah yang baru dibangun.

Rumah non permanen memang adalah rumah yang murah, tapi kesulitan terbesar adalah jual beli rumah yang dilakukan adalah dengan system tunai atau cash. Hal ini tentu akan menyulitkan bagi si pembeli rumah. berbeda pada rumah yang ada di perumahan yang bisa dilewatkan KPR di Bank yang ada. Tapi sebagai pihak pembeli rumah seken, anda bisa mengurus mendapatkan KPR dari Bank tapi sekali lagi, anda masih harus mengurus sendiri.

Fasilitas pada rumah non perumahan biasanya memiliki gang yang kecil dan juga keamanan dilakukan swadaya dengan system pos kamling yang dilakukan oleh setiap warga secara bergantian. Jalan penghubungn pun terkadang masih menggunakan tanah, maksimal menggunakan paving. Hal ini dikarenakan jalan yang ada ketika akan dibangun menungddu bantuan dari pemerintah. Berbeda dari jalan diperumahan yang sudah diaspal halus. Jika tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah pun, mereka harus rela mengumpulkan sumbangan swadaya untuk memperbaiki jalan.

Di tinjau dari segi lingkunan sosial, bagi mereka yang punya kesibukan di luar rumah sehingga kesulitan untuk bersosialisasi dengan warga sekitar, maka hal ini akan menjadikan kesulitan tersendiri. Jika anda merasa tidak bis amengikuti irama kehidupan sosial di desa atau perkampungan, maka rumah diperum han akan cocok bagi anda.

Keuntungan Lokasi Perumahan Murah

Perumahan biasanya sudah dilengkapi semua kemudahan, mulai dari fasilitas keamanan, jalan, fasilitas umum dan lain lain. Semua pelengkap yang menajdikan kemudahan bagi calon pemebli rumah mereka sudah dipersiapkan dengan baik. KPR pun sudah bisa diurus oleh pihak developer.

Tapi harga jual rumah diperumahan lebih mahal karena fasilitas yang ada, tapi perumahan masih menjadi daya Tarik tersendiri yang menggoda bagi beberapa orang yang menginginkan berbagai kemudahan dalam memiliki rumah.