Bagaimana Cara Memilih dan Memasang Wallpaper Dinding

Sponsored Links

Bagaimana Cara Memasang Wallpaper Dinding

Memperindah interior rumah tidak hanya berkutat masalah furniture, lantai, plafon dan aksesoris ruangan. Dinding sebagai penyekat antar ruangan juga bisa didesain dengan indah dan ditambahkan wallpaper dinding. Cara memasang wallpaper dinding juga tidak boleh asal asalan. Alih alih ingin membuat interior rumah terlihat menakjubkan, tapi karena salah dalam memasang, wallpaper dinding jadi terlihat jelek dan kurang rapi.

Warna menjadi sangat berpengaruh didalam desain interior rumah, tak terkecuali pada desain wallpaper dinding. Memasang wallpaper memang terkesan mudah. Tapi anda jangan sampai tertipu, ada beberapa teknik dalam memasang wallpaper dinding agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Selain berfungsi sebagai penghias ruangan didalam rumah. wallpaper dinding juga berfungsi sebagai pelindung dinding. tapi pemilihan wallpaper juga memperhatikan sisi estetika, jangan memilih desain wallpapaer yang abal abal. Memilih warna wallpaper atau desain wallpaper dinding yang mempertegas tampilan dinding rumah. Jika anda rasa antara warna rumah dan wallpaper dinding sudah cocok, diharapkan hal ini bisa menjadikan anda nyaman untuk tinggal di rumah sendiri. Tapi itu semua bisa di wujudkan jika kita mengetahui bagaimana cara memasang wallpapaer dinding .

Cara Memasang Wallpaper dinding

Memasang Wallpaper Dinding itu Mudah

Wallpaper yang sudah anda pilih sebelumnya baik corak dan warnanya, silahkan anda memulai untuk memasang didinding. teknik khsusus yang bisa anda lakukan di dinding antara lain

  1. Pemasangan Wallpaper dinding
  • Bahan dasar dari wallpaper di bedakan menjadi dua, yaitu menggunakan kertas dinding wallpaper dan bahan sintetis (vynil). Kelebihan dari vinyl antara lain bisa tanah terhadap air, mengkilap, harganya murah dan mudah di bersihkan permukaannya.
  • Merasakan perubahan baru terutama pada abgian dinding akan menyebabkan anda menjadi tidak nyaman, solusinya anda bisa melakukan percobaan awal dengan melapisi sebagai kecil dinding dengan cara menghias pemisah dinding atau border. Manfaat dari melakukan hal ini adalah biaya bisa di tekan sekecil munkgin dan keluarga menjadi lebih nyaman dengan perubahan yang ada.
  • Melakukan perencanaan terkait dengan pemasangan wallpaper juga penting. Missal mengetahui keadaan dinding rumah anda, apakah termasuk dindign yang kering, lembab ataupun sedang, jika keadaan dinding lembab, melakukan langkah pencegahan dan perubahan dengan merubah menjadi kering adalah pilihan yang bijak.
  • Dinding yang lembab kurang cocok untuk di tempeli wallpaper, sebaliknya dinding yang kering akan sangat mudah untuk di tempeli wallpaper dan juga umur dari wallpaper sendiri akan lebih lama. Untuk jenis dinding baru, silahkan menunggu selama beberapa hari untuk menjadi kering, selanjutnya silahkan mebaluri terlebih dahulu dan di tunggu hingga keing , setelah itu anda bisa menempeli wallpaper sesuai dengan keinginan anda.
  • Menghindari penggunaan perekat terlalu banyak, pengunaan perekat berupa lem yang berlebihan akan menyebabkan wallpaper menggembung ketika di temple pada dinding, solusinya adalah dengan meratakan sapuan lem ke seluruh dinding agar wallpaper tidak mudah terkelupas.
  • Penyesuaian motif ketika terjadi penyambungan wallpaper, hal ini tidak bisa dipungkiri pasti akan ditemui ketika pemasangan wallpaper, motif yang pas dan sesuai pada bagian yang dipotong adalah kunci untuk mengatasi hal ini.
  • Pembersihan pada permukaan dinding lama, hal ini untuk menghindari terjadinay tonjolan dipermukaan lapisan dinding yang nantinya akan merusakn wallpaper dan dinding itu sendiri, selain itu jika terdapat retakan atau lubang pada dinding, silahkan untuk menambal menggunakan plamur.
  • Untuk pergantian wallpaper, cara pemasangan tidak jauh berbeda dengna cara cara yang sudah dipaparkan diatas. Melepaskan wallpaper lama pada dinding, membersihkan dinding dari sisa sisa wallpaper dan lem yang menempel pada dinding dan setelah dinding kering, silahkan memasang wallpaper baru.
  • Silahkan meminta bantuan pada tukang pemasnag wallpaper rumah, karena hampir tidak mungkin anda tidka menemui kendala dalam pemasangan wallpaper.
  1. Tips memilih motif, warna dan bentuk wallpaper dinding
  • Kecenderungan warna yang digunakan akan membuat suasana yang berbeda pda tiap tempat, missal penggunaan warna wallpaper terang akan cocok untuk ruangan kecil,sedangkan warna gelap akan sangat berpengaruh pada dinding pada ruang besar.
  • Perubahan besar pada ruang kecil anda bisa menggunakan wallpaper dinding berbentun vertikal, penggunaan wallpaper ini untuk dinding ruangan yang tidak terlalu tinggi akan memberikan kesan dinding yang pendek akan menjadi lebih tinggi.
  • Khusus untuk rumah modern minimalis, silahkan anda menggunakan motif wallpaper yang menggunakan motif kotak kotak atau bergaris, tujuannya adalah agar dinding Nampak sepadan dengan tema yang diusung.
  • Untuk rumah yang bergaya mediterania atau modern klasik, silahkan anda memilih motif bunga bunga, sulur sulur atau garis garis yang padu nan serasi untuk memberikan kesan baik dan bagus pada rumah.
  • Pemilihan desain wallpaper pada anak anak berbeda dengan orang dewasa, pada umumnya pada orang dewasa menyukai motif sederhana berupa garis garis atau pun bentuk yagn sudah umum, tapi khusus untuk anak anak, silahkan anda memilihkan wallpaper dinding yang dapat memicu daya kreatifitas dan keinginan untuk berimajinasi, terutama yang berhubungan dengan cita cita contoh, tokoh tokoh kartun, komik, seorang pelaut dan lain sebagainya.

Semoga tips dari gambar desain properti dot com tentang cara memasang wallpaper dinding bisa bermanfaat bagi anda