6 Strategi Desain Arsitektur Rumah dengan Biaya Murah

Sponsored Links

6 Strategi Desain Arsitektur Rumah dengan Biaya Murah

Membangun rumah memang menguras banyak tenaga, dana dan pikiran. Tidak heran, untuk kalangan tertentu mebangun sebuah hunian terasa berat untuk dilakukan. Tapi disisi lain kebutuhan akan sebuah rumah yang bisa menjamin dan mengakomodasi kebutuhan penghuni rumah sangat dibutuhkan. Terutama bagi pasangan yang sudah lama tingga di RMI (Rumah Mertua Indah), tentu tidak ingin jika selamnya tetap ngikut dengan orang tua. pasti didalam benak masing masing terlintas pikiran untuk membuat sebuah rumah sendiri dengan hasil kerja keras sendiri pula.

Sebenarnya, adanya sebutan rumah mertua indah adalah sindiran untuk segera mempunyai rumah sendiri dan tidak terus mengekor pada orang tua, hal ini juga yang menyebabkan kuping jadi panas serta wajah merah karena malunya minta ampun. Tidak jarang juga pasangan rela menempati sebuah rumah kontrakan dikarenakan kebutuhan sebuah rumah yang masih belum mencukup, baik dari segi dana dan juta tenaga.

Meski kedengaranya bahwa Rumah mertua Indah sangat halus, tapi bagi orang yang sudah mempunyai tanggunan, pasti akan terasa bahwa hatinya seperti di robek robek. Harga diri pun seakan jatuh entah kemana… dan inilah kenyataan.

Tapi mau bagaimana lagi, karena dana yang tidak mencukupi sehingga uang tabungan dirasa masih belum cukup, ya tinggal pasrah saja. Tapi jangan sampai berputus asa, buanglah jauh jauh sikap berputus asa karena tidak mampu membeli rumah.

Solusi bagi anda adalah adanya sebuah rumah minimalis murah. Murah dalam artinan biaya yang digunakan membangun rumah yang murah. Atau dengan membeli langsung rumah yang sederhana seperti rumah minimalis type 21 atau 36. Tapi tentu saja yang paling murah adalah membangun rumah sendiri. Tapi ketentuannya adalah anda harus tahu seluk beluk dalam membangun rumah.

Arsitek Rumah Tinggal
Arsitek Rumah Tinggal

Seorang arsitek rumah memiliki nilai keindahan tertentu dan tidak harus mahal.

Bagi anda yang memiliki keinganan memiliki rumah sederhana dan tidak mewah, anda bisa memulai dengan menjadi arsitek dadakan sebuah rumah minimalis. intinya anda harus mengerti bagaimana mendesain sebuah rumah mewah. jika anda tidak mampu, silahkan anda melempar pada arsitek rumah minimalis yang mumpuni serta memilik track record yang bagus dalam setiap pengerjaan.

Sebagai bahan pertimbangan dalam membuat perencanaan rumah, memiliki perencanaan yang baugs yang dimulai dari desain yang bagus serta perhitungan yang matang maka anda dapat dengan mudah mewujudkan rumaha nda yang murah serta diidam idamkan.

Untuk mengetahi bagaimana membuat desain rumah murah diserta dengan pemilihan arsitek, maka anda bisa cek, antara lain

  1. Pemilihan bentuk rumah diusahakan yang sederhana
  2. Efisiensi ruangan baik ukuran dan ruangan sendiri
  3. Efisiensi struktur
  4. Material lokal yang digunakan
  5. Pemanfaatan material bekas
  6. Menggunakan metode material ekspose atau tanpa finishing.

Keenam strategi ini akan dijelaskan agar temen teman mengetahui setiap penjelasan dari point secara mendetail. Hal ini didapatkan oleh penulis dari beberapa artikel di web dan dirangkum menjadi satu, yang jelas, ini digunakan untuk membangun rumah murah tapi bukan murahan.

Arsitek Rumah Minimalis Sederhana
Arsitek Rumah Minimalis Sederhana
  1. Pemilihan bentuk rumah diusahakan yang sederhana

Untuk urusan yang satu ini, tentunya sudah banyak contoh yang ada dipasaran, mulai dari bentuk yang full simetris hingga bentuk yang dipadu dengan konsep alami. Tapi untuk rumah sederhana yang dimaksud disini adalah sebuah rumah yang berbentuk kotak tanpa banyak lekukan.

Perlu diketahui bahwa pembuatan desain yang menggunakan unsur lekukan pada desain rumah akan membutuhkan lebih banyak material dibandingkan rumah yang sederhana. Dari segi pengerjaan pun lebih rumit yang menggunakan lekukan dibandingkan dengan yang hanya lurus lurus saja.

Untuk ruangan didalam rumah juga diusahakan dibuat sederhanan dan terbagi secara simetris. Tidak menggunakan pembagian yang aneh aneh seperti bentuk inilah dan itulah, akan mempercepat pengerjaan rumah.

Dari segi rumah bagian atas, atau atap rumah. bentuk rumah yang sederhana berbentuk kotak akan lebih mudah dibuat atap dengan bentuk perisai atau pelana serta dimungkinkan untuk miring pada satu arah. Tapi dari segi penurunan cost atap rumah, atap pelana lebih murah dibandingkan dengan bentuk atap perisai hal ini dilihat dari penggunaan material yang sama.

Rumah sederhana atau rumah minimalis sekarag sedang tren dikalangan anak muda dan para desainer di Indonesia. dasar dari penerapan desain ini adalah pengambilan bentuk kotak yang sederhana dan berbeda dari kebanyakan desain rumah.

  1. Efisiensi ruangan baik ukuran dan ruangan sendiri

Buat ruangan ruangan yang berukuran kecil tapi mampu mengakomodasi kebutuhan akan ruangan yang dimaksud. Hindari penggunaan ruangan yang berdimensi besar, hal ini akan membutuhkan biaya yang besar dan juga akan memakan space yang ada. Sesuaikan antara kebutuhan ruangan dan juga dana yang ada. Maka anda bisa mendapatkan desain rumah yang efisien, baik dari segi biaya dan juga desain rumah.

Buat tempat tidur sesuai dengan kebutuhan, misal kamar tidur untuk satu orang supaya dibedakan spacenya antara satu orang dan dua orang

Untuk lebih menghemat space pada tempat tidur supaya menggunakan ranjang bertingkat yang dapat menampung dua orang didalam satu kamar. Atau temapt tidur yang dapat dimasukkan ke kolong tempat tidur.

Untuk urusan kamar mandi, hendaknya dibuat dengan ukuran yang tidak begitu luas, ukuran 1.5 x 1.8 m yang dudah termasuk kakus dan shower kamar mandi akan sangat pas pada rumah sederhana. Selain itu hindari penggunaan bak kamar mandi karena akan memakan space yang terlalu banyak. Penggunaan shower lebih hemar baik dari segi penggunaan air dan jua listrik.

  1. Efisiensi struktur

Struktur bangunan merupakan nyawa dari rumah. jika struktur yang dibangun sudah jelek atau rapuh, maka bisa dipastikan bahwa rumah akan ambruk. Untuk dana pembangunan rumah, struktur bangunan memakan dana paling besar, sekitar 50-60% dari total keseluruhan membangun rumah. oleh karena itu perhitungan yang matang untuk membuat struktur pondasri, kolom balok, lantai dan rangka atap harus dilakukan.

Penghematan pada bagian biaya struktur banguanan akan erat kaitannya dengan efisiensi dimensi dan system struktur. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah strktur rumah menjadi penentu kekuatan rumah, hasil dari perhitungan perhitungan inilah adalah dasar dari penentuan efisieni oleh ahli struktur. Dari hasil perhitungan, ahli struktur dapat memilih dan menetukan system struktur yang murah dan sederhana tapi tetap memperhatikan kekokohan dari sebuah rumah.

Tanpa adanya perhitungan dari ahi struktur, bisa dipastikan bahwa akan terjadi pemborosna biaya dalam hal dimensi struktur, untuk itulah dibutuhkan ahli struktur untuk dapat mengetahiu secara pasti, ada bagian mana saja yang perlu dilakukan penghematan. Hal yang serignterjadi adlah pemborosan besi untuk keperluan beton rumah. biasanya besi beton dibeli dalam jumlah banyak tanpa melihat hasil dari perhitungan. Hal ini memang riskan, disatu sisi jika Beton tidak cukup untuk endapatkan jumlah besi maka kekokohan akan berkurang, tapi jika terlalu banyak maka akan menyebabkan pemborosan.

  1. Material lokal yang digunakan

Tidka perlu selalu melakukan pembelian dalam setiap material yang digunakan untuk membangun rumah. anda bisa menggunakan material local yang sering didapatkan dilokasi sekitar anda. tentunya penggunaan dari material local akan menekan biaya transportasi sehingga biaya akan lebih murah.

Kunci dari pemilihan material lokal adalah pelajari daerah disekitar anda. ada berbagai bahan alam yang bisa digunakan dalam pembangunan rumah, misal bamboo, kayu kepaa batako, genteng dan lain lain. Misal anda menggunakan bamboo untuk kebutuhan desain rumah, anda harus melakukan pengawetan bamboo terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pengawetan bamboo sendiri karena proses pengawetan bamboo sangatlah mudah.

  1. Pemanfaatan material bekas

Material bekas rumah sebelumnya yang masih bisa digunakan, jangan anda buang begitu saja. Walaupun terbilang murah untuk dijual kembali, usahakan anda bisa menggunakan sisa sisa material dari rumah anda. beberapa bagian rumah yang bisa digunakan antara lain kusen jendela, pagar rumah, potongan keramik bekas dan lain lain. Tentunya jika anda cukup kreatif untuk menggunakan desain tersebut maka rumah akan semakin cantik, indah dan elegan. Komposisi dari desain rumah yang digunakan menjadi kunci agar tercipta desain rumah yang menarik.

  1. Menggunakan metode material ekspose atau tanpa finishing.

Tujuan dari metode ini adalah lebih menitik beratkan pada penginderaan visual agar terlihat wujud asli dari sebuh bangunan rumah yang memperlihatan sisi lain karakter rumah sehingga tercipta suasana yang unik.

Misal menggunakan konspe tembok tanpa dihaluskan dengan cat atau bentuk tembok yang memperlihat bata merah dan adukan semen. Hal ini akan memberikan kemudahan dalam desain rumah dan memangkas biaya biaya yang dibutuhkan untuk finishing.

Untuk urusan lantai, anda bisa menggunakan lantai warna tanpa menggunakan keramik, selama lantai terlihat bersih hal ini akan berkesan baik.

Masih banyak strategi arsitek desain rumah murah, tapi intinya desain, perencanan yang matang dibutuhakn untuk membuat rumah yang sesuai dan pemilihan material yang tepat akan mempercepa proses pembangunan rumah.